Home > Education > Mata Kuliah Antisipatif: Mengakomodasi Beragam Tuntutan Kontemporer

Mata Kuliah Antisipatif: Mengakomodasi Beragam Tuntutan Kontemporer

Dalam bidang pendidikan tabu rasanya memandang kurikulum sebagai konstanta rigid dan selesai. Guna mencapai proses pembelajaran yang baik dan lebih baik lagi dimasa depan kurikulum tidak akan pernah berhenti. Kurikulum hanya akan berhenti pada satu titik bernama: perubahan. Perlu dipahami bahwa kurikulum akan senantiasa bergulir mengikuti tuntutan zaman. Perubahan  global yang kontemporer dan cepat menyita perhatian lebih pada pendidikan arsitektur.

Rancangan pendidikan arsitektur harus berselaras dan lentur dengan perubahan cepat tersebut. Sehingga akan selalu ada kegiatan evaluatif. Dalam adagium sistem pendidikan tinggi Indonesia sekarang ini, inovasi-inovasi pembelajaran mutlak diperlukan. Dua diantaranya adalah kurikulum antisipatif dan mata kuliah antisipatif. Kurikulum antisipatif memungkinkan mahasiswa merencanakan jenis mata kuliah yang diambil dan dikehendakinya. Mata kuliah antisipatif merupakan mata kuliah pilihan dalam suatu struktur kurikulum. Pada  mata kuliah antisipatif, mahasiswa berpartisipasi aktif merancang substansi perkulihannya.

Tulisan ini berisi gagasan mengelola salah satu mata kuliah antisipatif dalam pendidikan arsitektur dengan semangat fleksibelitas yang tinggi dan sangat cair dalam mengakomodasi beragam tuntutan kontemporer.

(continue reading : Mata Kuliah Antisipatif )

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: