Home > Education > Meraba Seperangkat Kompetensi sebagai Pensubstansi Kurikulum Penyelenggara Pendidikan Arsitektur

Meraba Seperangkat Kompetensi sebagai Pensubstansi Kurikulum Penyelenggara Pendidikan Arsitektur

Tuntutan akan adanya perubahan paradigma, berupa; lembaga pendidikan; pendidikan-kurikulum; dan pembelajaran, perubahan bidang kehidupan, serta perubahan peran Dikti menjadi penyebab mengerucutnya kebutuhan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kompetensi dimaknai sebagai seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. Bila komptensi itu diajarkan pada suatu institusi pendidikan, maka kompetensi hasil didik harus tersusun atas kompetensi utama, pendukung, dan lainnya yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utamanya.

Menurut Keputusan Mendiknas RI No. 232/U/2000, Kurikulum Inti; Kompetensi Utama ditetapkan oleh Menteri. Sedangkan menurut Keputusan Mendiknas RI No. 045/U/2002 sebagai pembaharu keputusan sebelumnya, Kompetensi Utama ditetapkan oleh kalangan Perguruan Tinggi, masyarakat profesi dan pengguna lulusan dan Kompetensi Pendukung dan Kompetensi lainnya ditetapkan oleh Institusi penyelenggara program studi.

Merujuk keputusan terakhir, apabila institusi pendidikan itu adalah penyelenggara pendidikan arsitektur, seperti apakah seperangkat kompetensi yang hendak diberikan? Siapakah yang menentukan? Masyarakat profesi seperti apa yang dibutuhkan? Apakah diperlukan sebuah forum khusus? Bagaimanakah dengan pemangku kepentingan yang sudah ada sekarang ini? Tulisan ini menghimpun kontribusi dari berbagai perspektif dengan beberapa catatan usulan. Tulisan ini bukanlah sebuah justifikasi, namun sekedar sumbangan deskriptif.

(continue reading :: Meraba Seperangkat Kompetensi…)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: